MELIHAT KEBELAKANG DARI IPTEK

    Dalam surat Al-Anbiya ayat 80,

وَعَلَّمْنَاهُ صَنْعَةَ لَبُوسٍ لَكُمْ لِتُحْصِنَكُمْ مِنْ بَأْسِكُمْ فَهَلْ أَنْتُمْ شَاكِرُونَ

artinya “Telah kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu guna memelihara diri dalam peperanganmu.” Ayat itu menunjukan bahwa umat manusia dituntut untuk membuat teknologi dan mengembangkannya. Sejarah islam pada abad ke-7 membuktikan bahwa banyak sekali tokoh-tokoh pemikir islam yang telah lahir pada saat itu. Tentunya, islam telah mempelopori teknologi pada saat itu. Namun, hasil dari pemikir-pemikir hebat pada masa itu tidak bisa dilanjutkan, sehingga ilmu-ilmu itu diambil alih oleh bangsa barat dengan mentransfer ilmu teknologi itu ke negeri mereka.
    Seiring dengan terus berkembangnya zaman, para ilmuwan barat semakin hari semakin menjadi. bahkan  mereka semakin menenggelamkan kaidah-kaidah islam sehingga hilanglah aturan-aturan islam dalam perkembangan teknologi. Mereka juga mengira bahwa mereka dapat mencapai segala sesuatu yang ada di bumi tanpa tuhan, dan yang paling membuat jengkel adalah mereka berusaha menghancurkan islam dengan teknologi-teknologinya. Disamping itu, mereka juga sangat pantas untuk dikasihani, (kenapa??) karena sesungguhnya mereka hanya dapat mengetahui segala sesuatu  dari fisiknya/lahirnya saja. Kita semua harus ingat bahwa “diatas orang yang pintar, pasti ada yang melebihinya”  artinya,bahwa manusia hanya diberi sedikit kecerdasan oleh Alloh.
    Kecanggihan teknologi saat ini adalah hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan pada masa lampau melalui percobaan-percobaan yang memerlukan biaya sangat besar. Saat ini, hasil dari teknologi sudah  bisa kita nikmati, bahkan teknologi-teknologi saat ini tidak pernah dirasakan oleh raja-raja agung pada masa dulu. Boleh lah kita menikmati teknologi-teknologi hasil perkembangan zaman moderen ini, tetapi kita harus memiliki iman yang kuat agar kita tidak tenggelam didalamnya.
    Agama islam memang tidak menghambat perkembangan teknologi dan juga tidak menganggap teknologi sebagai musuh. Sesuai dengan ajaran islam, bahwa islam bukanlah agama yang sempit. Demikian dari saya, mungkin ini bisa bermanfaat untuk melihat kembali  tentang keadaan teknologi pada masa lampau.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahturahmi

Get snow effect