PANDANGAN TOKOH AGAMA TERHADAP TAQWA

  Imam ar-Raghib al-Ashfahani membuat devinisi taqwa ““Takwa yaitu menjaga jiwa dari perbuatan yang membuatnya berdosa dan itu dengan meninggalkan apa yang dilarang menjadi sempurna dengan meninggalkan sebagian yang dihalalkan.”

Menurut Imam an-Nawawi, taqwa adalah “menaati perintah dan larangan-Nya.”

Imam al-Jurjani mengatakan, ““Taqwa yaitu menjaga diri dari pekerjaan yang mengakibatkan siksa baik dengan melakukan perbuatan atau meninggalkannya.”

            Dari ketiga pengertian taqwa datas, dapat kita ambil bahwa, siapa yang tidak menjaga dirinya dari perbuatan dosa berarti dia bukanlah orang bertakwa. Untuk menjaga agar diri kita tetap dalam keadaan taqwa, kita harus menjauhkan diri kita dari tempat yang terkutuk dan berusaha dengan sepenuh hati untuk tidak melakukan hal-hal yang mengakibatkan dosa serta senantiasa berdoa kepada Allah untuk dipelihara dari perbuatan dosa.

            Al-Hafizh Ibnu Katsir menyatakan “barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah dengan melakukan apa yang diperintahkan-Nya dan meninggalkan apa yang dilarang-Nya niscaya Allah akan memberinya jalan keluar serta rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka yakni dari arah yg tidak pernah terlintas dalam benaknya.”

Abdullah bin Mas’ud mengatakan  “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya.”

    Jadi, dengan berdirinya taqwa di dalam diri kita, kita akan mendapatkan balasan dari Allah SWT berupa nikmat yang sangat luar biasa. Sebaliknya, orang yang tidak bertaqwa kepada Allah akan mendapatkan siksa yang begitu pedih dan neraka sudah siap untuk mengeksekusinya. Sebagaiman ayat-ayat Al- Qur’an berikut.

QS. Ali ‘imran 198

لَكِنِ الَّذِينَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الأنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا نُزُلا مِنْ عِنْدِ اللَّهِ وَمَا عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ لِلأبْرَارِ

“Akan tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan-nya bagi mereka surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, sedang mereka kekal di dalamnya sebagai tempat tinggal (anugerah) dari sisi Allah. Dan apa yang di sisi Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang berbakti”

QS. Al- Anfal 29

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَتَّقُوا اللَّهَ يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَانًا وَيُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ

“Hai orang-orang yang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan kepadamu furqaan dan menghapuskan segala kesalahan-kesalahanmu dan mengampuni (dosa-dosa) mu.  Dan Allah mempunyai karunia yang besar”

0 komentar:

Posting Komentar

Silahturahmi

Get snow effect